TIP SIMPEL NGE-GROWL YANG GA BIKIN CAPEK DECH…
oleh Herry SIC ( Formerly TxAxI Vocals / Lost In Chaos Editor )



Buat elo Para Vocalis band Brutal death yg make Typical Vocal Growl yg Killer tapi sama sekali ga bikin Capek..kayaknya gampang banget dech…Mungkin di sini gw mo berbagi tips tentang ini semua..Ok….semuanya itu simple banget kalo udah tau tekniknya, bahkan elo pengen bisa variasi beberapa type en karakter vocal sekaligus elo jabanin sendiri. Walo elo harus menyanyikan karakter Guttural growl yg guttural sekalipun ( kayak Matti Way ex. DISGORGE ato Ruben & Wayne Knupp-nya DEVOURMENT ) trus langsung Growl Emotion ( Barney greenway NAPALM DEATH ) Pigsnore ( yang Kayak Suara Babi Mendengkur ) juga Screaming Insane ( kayak Don decker ANAL BLAST ato Eric Lindmark-nya DEEDS OF FLESH ) elo bisa liat Danny Filth vocalisnya CRADLE OF FILTH yg bisa ngemainin semua karakter vocal yg doi jabanin sendiri?? Wah tentunya buat elo para Vocalis Brutal juga Bakalan Kedodoran dech…atau paling banter elo musti make lebih dari 1 orang vocalis. Tapi kalo elo tau teknik yg gw berikan ini, elo pasti bisa jabanin semuanya sendirian tanpa Kedodoran dech…Yup gampang2 susah dech pada awalnya sich, tapi kalo elo Biasakan, Its No Problem koq. ( Percaya Ga percaya ) Ikuti 3 langkah berikut ini :



Pertama :
elo juga harus mengerti, kalo semua karater Vocal Growl sampe yg model Guttural sekalipun itu GA ADA YANG MAKE TEKNIK SEDOT! Mungkin kebanyakan orang bilang vocal sedot, buat gw yg ada cuman SEDOT WC aja ha ha ha…semua Olah Vocal growl itu semuanya adalah hasil ketekunan dari Olah Vocal Tenggorokan yang Kuat CATAT DECH!….



Kedua :
udah tau Teknik sebenarnya di atas? So elo musti latihan menahan nafas kuat kuat selama Nge-guttural, jadi elo mesti banyak berlatih nafas perut biar kuat. Saat kita ngeGrowl kita seperti menahan nafas di perut sejenak en mengeluarkan lewat tenggorokan kita aja, jadi salah besar kalo di sedot . Karena kenapa?? semakin kita menyedot nafas kita malah Nafas akan abis dalam Tubuh kita en jadi lemez tu badan atau parahnya elo Bisa Muntah2. Jadi elo musti pandai2 melatih suara tenggorokan kita yg tertahan pada pernafasan perut / diafragma aja, nah dari sini elo punya celah yg banyak buat mengeluarkan karakter vocal yg lain. Imbangi Juga dengan Olah raga supaya Nafas jadi lebih panjang lagi. Pada awalnya akan terasa sangat sulit banget dech, tapi lama2 elo bakalan ngerasaain betapa mudahnya melakukan teknik ini.



Ketiga :
semakin elo mencoba en terus mencoba mengembangkan karakter growl dengan langkah ke-2 elo pasti bakalan menemukan karakter yg elo pengeni! En so pasti menjadi lebih Powerfully karena pernafasan elo udah terlatih gimana caranya ga gampang cepet capek.

Saat pertama kali melakukannya, elo merasakan belum terbiasa en akan ( mungkin ) keabisan Suara menjadi Parau, namun kalo udah biasa hal ini ga akan mungkin terjadi lagi dech…. Asal elo terus melatihnya aja.

Trus Buat elo Vocalis yg Perokok akan lebih mudah lagi, karena asap rokok akan semakin bikin suara elo serak n Parau, en usahakan sekuat tenaga elo menahan diri untuk tidak minum air putih atau minuman lain saat tampil di panggung, en kalo bisa minum yg Manis, biar Dahak elo makin terkumpul di tenggorokan en makin menjadikan karakter parau yg lebih keren, so elo ga perlu susah2 menguras tenggorokan elo nanti. Abis elo turun panggung silahkan elo minum air putih atau minuman sesuka elo. En jangan sampai minum yg beralkohol saat nge-Growl, karena akan semakin menghilangkan karakter serak Vocal elo di samping Hilangnya Konsentrasi…

Trus buat elo yg ga perokok, ada Trik simple yg bisa elo lakukan. Seupaya mungkin elo ga usah minum aer putih sebelum tampil, en lebih konsumsi makanan berminyak kayak Goreng-gorengan , Manis en setelah tampil, legakan tenggorokan elo dengan air putih sepuas elo….semakin elo latih Tenggorokan elo akan makin nyaring suara yg elo hasilkan tanpa Harus bersusah payah dengan keabisan nafas ngos ngosan nantinya….en sapa tau aja elo ntar bakalan nemuin karakter vocal guttural yg lebih ok lagi.Gampang banget Khan?? So silahkan mencoba Tips Super gampang ini…. ( Ditulis oleh Herry SIC ) diambil juga dari LIC edisi 21

These icons link to social bookmarking sites where readers can share and discover new web pages.
  • Digg
  • Sphinn
  • del.icio.us
  • Facebook
  • Mixx
  • Google
  • Furl
  • Reddit
  • Spurl
  • StumbleUpon
  • Technorati